Pengertian dan Pembagian Zaman Praaksara

Pada kali ini kita akan membahas materi sejarah tentang Pengertian dan Pembagian Zaman Praaksara disini akan di paparkan materi secara lengkap dan menyeluruh dengan harapan bisa memberi pemahaman pada para pembaca, mari kita simak materinya.

Pengertian dan Pembagian Zaman Praaksara

Pengertian Zaman Praaksara

Menurut Bahasa Praaksara berasal dari 2 kata yaitu Pra dan Aksara, dengan Pra yang berarti sebelum dan Aksara Tulisan jika di satukan menjadi sebelum tulisan atau jika di artikan secara istilah adalah zaman dimana manusia belum mengenal tulisan atau bisa di katakan belum ada tulisan Praaksara juga di sebut NirLeka Nir yang artinya sebelum dan Leka artinya Tulisan.

Dari pengertian diatas bisa dilihat bahwa Praaksara merupakan Masa Sebelum Mengenal Tulisan dan juga dapat dilihat bahwa batas antara sejarah adalah merupakan, bila sejarah adalah Sesudah Mengenal tulisan sedangkan setiap bangsa didunia ini mempunyai perbedaan antara masa berakhirnya pra aksara dan dimulainya sejarah kita ambil contoh bangsa mesir bangsa tersebut sudah mengenal tulisan pada 4000tahun SM nah berarti bangsa tersebut telah mengakhiri masa praaksara dan mengawali masa Sejarah pada 4000tahun SM.

Sumber informasi zaman praaksara

  1. Fosil
  2. Artefak

Pembabakan/Pembagian Praaksara

Tujuan pembabakan pastinya adalah untuk kita mempermudah dalam mempelajari sesuatu begitupula materi Sejarah, Sejarah ini dibuat Pembabakan/Pembagian agar kita lebih mudah dalam mempelajarinya, disini akan dijelaskan pembagian Sejarah menurut geologi diantaranya adalah sebagai berikut.
  1. ARKAEKUM/zaman tertua
    Zaman ini kira kira berlangsung 2500 juta tahun. Pada zaman ini lapisan bumi masih sangat panas jadi sangat bisa disimpulkan belum ada kehidupan didalamnya.
  2. PALEOZOIKUM/zaman primer atau zaman hidup tua
    Zaman ini kira kira berlangsung 340 juta tahun. Pada zaman ini mulai muncul makluk hidup seperti mikro organisme, ikan, ampibi, reptil dan binatang yang tidak bertulang punggung.
  3. MESOZOIKUM/zaman sekunder atau zaman hidup pertengahan
    Zaman ini berlangsung kira-kira 140 juta tahun. Pada zaman ini jenis reptil mencapai tingkat terbesar sehingga pada zaman ini sering disebut juga dengan zaman reptil. Setelah berakhirnya zaman sekunder ini, maka muncul kehidupan lain yaitu seperti jenis burung dan binatang menyusui yang masih rendah sekali tingkatannya. Sedangkan jenis reptilnya mengalami kepunahan. Selanjutnya berlangsunglah zaman hidup barud.  NEOZOIKUM/zaman hidup baru
    Zaman ini dibedakan menjadi 2 zaman, yaitu:
    1)  Tersier/zaman ketiga
    Zaman ini berlangsung sekitar 60 juta tahun. Yang terpenting dari zaman ini ditandai dengan berkembangnya jenis binatang menyusui seperti jenis primat, contohnya kera.


    2)  Kuartier/zaman keempat Zaman ini ditandai dengan adanya kehidupan manusia sehingga merupakan zaman terpenting. Dan zaman ini dibagi lagi menjadi dua zaman yaitu yang disebut dengan zaman Pleistocen dan Holocen
Sekian Materi hari ini mengenai Pengertian dan Pembagian Zaman Praaksara semoga bisa bermanfaat dan bila ada kesalahan mohon maaf.
komentar
Cancel