Persamaan Dasar Akuntansi : Pengertian, Rumus, Komponen-komponen

Dalam mempelajari akuntansi cukup banyak bab yang harus dipelajari, dari mulai bab yang paling mendasar sampai bab yang paling rumit, untuk mempermudah dalam mempelajari bidang Akuntansi, seorang pelajar harus mempelajari dari dasar terlebih dahulu.

Dengan memahami konsep terlebih dahulu maka akan membentuk cara berfikir yang benar, hal ini tentu akan mempermudah dalam mempelajari akuntansi, jika sebaliknya salah dalam memahami sebuah konsep maka akan membentuk cara berfikir yang salah, tentu hal ini bisa menghambat kita dalam mempelajari bab selanjutnya.

Untuk itu pada artikel kali ini kita akan membahas Persamaan Dasar Akuntansi yang mana hal ini merupakan salah satu modal awal kita untuk mempelajari akuntansi lebih luas, dalam pembahasan kali ini akan membahas beberapa poin, seperti pengertian, konsep, contoh dan lain sebagainya.

Pengertian Akuntansi

Akuntansi adalah seni dalam mengukur, berkomunikasi dan menginterpretasikan aktivitas keuangan. Secara luas, akuntansi juga dikenal sebagai "bahasa bisnis". - sumber : wikipedia.org

Pengertian Persamaan Dasar Akuntansi

Persamaan akuntansi dasar, juga disebut persamaan neraca, merupakan hubungan antara aset, kewajiban, dan ekuitas pemilik dari sebuah bisnis. - sumber : wikipedia.org

 Rumus Persamaan Dasar Akuntansi

Harta (Assets) = Kewajiban (Liabilities) + Modal (Equity)
Dari rumus diatas disimpulkan bahwa setiap kegiatan ekonomi yang terjadi antara sisi kiri dan sisi kanan harus selalu seimbang, sisi kiri berupa harta atau yang disebut sebagai aktiva, sedangkan sisi kanan berupa kewajiban dan modall yang disebut pasiva, untuk lebih memahami mengenai Persamaan Dasar Akuntansi dapat kalian simak gambar ilustrasi berikut.
Persamaan Dasar Akuntansi : Pengertian, Rumus, Komponen-komponen

Komponen-komponen Persamaan Dasar Akuntansi

1. Harta (Assets)
Aset merupakan sumber daya yang dimiliki atau dikendalikan perusahaan untuk digunakan manfaatnya di masa depan. berikut merupakan contoh dari Akun Aset :

  • Aset lancar: Kas, Piutang, Biaya Dibayar Di muka.
  • Aset Tetap: Kendaraan, Bangunan.
  • Aset Tidak Berwujud: Goodwill, Hak Cipta, Paten
2. Kewajiban (Liabilities)
Berikut meruapakan contoh dari akun kewajiban :
  • Utang Jangka Pendek: Utang Dagang, Utang Bank, Utang Gaji, Utang Pajak.
  • Utang Jangka Panjang: Utang Obligasi
3. Modal (Equity)
Modal adalah aset yang dimiliki oleh pemegang saham atau pihak ke-3, akun dari modal meliputi Modal Pemilik, Penarikan Pemilik (prive), Laba Ditahan, Saham Biasa, Modal disetor.

Sekian pembahasan kita mengenai Pengertian Rumus Dan Komponen Dari Persamaan Dasar Akuntansi, semoga bermanfaat.
komentar
Cancel