Teks Prosedur Kompleks : Pengertian, Struktur, Kaidah Kebahasaan, dan Contohnya

Teks Prosedur Kompleks : Pengertian, Struktur, Kaidah Kebahasaan, dan Contohnya

Pada kali ini kita akan membahas pelajaran Bahasa Indonesia dengan salah satu teks yang biasanya di temui di kelas 10 SMA yaitu Teks Prosedur Kompleks yang akan di bahas pada materi ini meliputi beberapa hal yaitu Pengertian, Struktur, Kaidah Kebahasaan, dan juga tak ketinggalan kita sediakan Contohnya.
Teks Prosedur Kompleks : Pengertian, Struktur, Kaidah Kebahasaan, dan Contohnya

Pengertian Teks Prosedur Kompleks

Bila di lihat dari pengertian yang ada di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Prosedur merupakan tahap-tahap kegiatan untuk menyelesaikan suatu aktivitas sedangkan yang di maksud dengan Prosedur Kompleks adalah teks Prosedur Kompleks adalah teks yang menjelaskan mengenai langkah langkah yang harus dilakukan oleh seseorang untuk mencapai tujuan.

Struktur Teks Prosedur Kompleks

Struktur merupakan tahapan atau susunan suatu kalimat hingga menjadi sebuah teks, untuk menyusun sebuah teks Prosedur Kompleks diperlukan beberapa struktur yang benar dan sistematis agar teks yang di buat baik untuk di gunakan, untuk struktur Teks Prosedur Kompleks adalah :
  1. Tujuan : Merupakan tujuan dari teks Prosedur Kompleks tersebut biasanya kalian bisa menemukan Struktur tujuan pada Bagian Judul Teks.
  2. Material : Berisi alat atau bahan yang di butuhkan biasanya kalian akan menemukanya pada teks resep makanan.
  3. Langkah-langkah : Merupakan Cara untuk mencapai tujuan biasanya pada bagian ini langkahnya tidak bisa di acak atau bisa di katakan langkahnya harus sistematis.

Kaidah Kebahasaan Teks Prosedur Kompleks

Untuk ciri kebahasa yang terkandung dalam teks prosedur kompleks adalah konjungsi, adanya kalimat perintah, adanya kata kerja imperatif, verba material dan tingkah laku, dan partisipan manusia untuk lebih jelasnya kalian bisa membacanya di bawah.
  1. Konjungsi : Konjungsi merupakan sebuah kata hubung contohnya adalah dan, atau, kemudian, selanjutnya, berikutnya.
  2. Kata Kerja Imperatif (Perintah) : adalah kata yang menyatakan perintah, keharusan, atau sebuah larangan.
  3. Verba Material dan Tingkah Laku : Untuk Verba Material mengacu pada tindakan fisik sedangkan verba Tingkah laku mengacu pada tindakan yang dilakukan dengan ungkapan.
  4. Partisipan Manusia.

Contoh Teks Prosedur Kompleks

Prosedur Pemasangan Listirk secara Online

  1. Buka URL http://www,pln,co,id/pbpd/. Di sana Anda diharuskan mengisi data pelanggan dan data pemohon. Isilah dengan lengkap disertai alamat email dan juga nomor telepon yang dapat dihubungi.
  2. Jika Anda ingin berlangganan listrik pasca-bayar, daya listrik terendah yang diizinkan adalah 6.600 VA. Di bawah itu, Anda harus berlangganan listrik pra-bayar.
  3. Setelah mengisi data dan menyimpannya, sistem komputer PT PLN akan mengirimkan email pemberitahuan kepada email anda disertai nominal yang harus anda bayar disertai kode transaksi.
  4. Masukkan kode transaksi tersebut malalui form yang tersedia di http://www,pln,co,id/pbpd/konfirmasi,php.
  5. Sistem komputer PT PLN akan kembali mengirimkan email pemberitahuan kepada anda disertai nominal jumlah yang harus anda bayar Nomor Registrasi (kode bayar).
  6. Setelah itu, Anda harus melakukan pembayaran. Pembayaran dapat dilakukan di kantor pos, bank, ATM, dan loket resmi yang telah bekerjasama dengan PT PLN. Pembayaran dilakukan selambat-lambatnya 30 hari setelah pendaftaran secara online.
  7. Untuk membayar lewat ATM, Anda dapat memilih ‘Pembayaran Listrik’, kemudian pilih ‘Non Taglis’. Anda cukup memasukkan 13 digit nomor registrasi, kemudian nama Anda akan tampil di layar dengan jumlah nominal yang harus Anda bayar.
  8. Pemasangan akan dilakukan selambat-lambatnya 5 (lima) hari kerja setelah pembayaran. Syaratnya, rumah tersebut tak jauh dari tiang listrik yang sudah berdiri serta telah terpasang instalasi listrik.
  9. Jika pada hari keenam belum juga terpasang, Anda bisa bertanya atau komplain ke hotline PT PLN di nomor 123.
  10. Untuk memeriksa status pendaftaran, Anda dapat memeriksanya di URL http://www.pln.co.id/pbpd/Status.php.
  11. Perlu diingat, PT PLN juga melarang Anda memberikan uang atau tip bagi petugas yang memasang sambungan listrik di rumah Anda.