Proses Terjadinya Fotosintesis Pada Tumbuhan Hijau

Proses Terjadinya Fotosintesis Pada Tumbuhan Hijau

Proses Terjadinya Fotosintesis pada Tumbuhan Hijau

Jadi Tumbuha sebagai produsen, tumbuhan mampu membuat dan menyediakan makanan melalui fotosentetis, hampir semua makluk bergantung pada fotosintetsis. lewat Fotosintetis berjasa menghasilkan oksigen pada atmosfer bumi jadi apa yang ada ketehui mengenai fotosintetis ? serta bagaimana itu bisa terjadi ?

Fotosintesis adalah proses pembentukan senyawa kompleks dari senyawa sederhana menggunakan energi cahaya (foton) Jadi tumbuhan memperoleh energi cahaya dari matahari, tumbuhan yang dapat memanfaatkan energi matahari tersebut adalah tumbuhan yang mempunyai klorofil.

Bahan yang dibutuhkan untuk melakukan fotosintesis adalah berupa Air (H2O) dan karbon dioksida (CO2). Bahan tersebut akan membentuk molekul gula dan menghasilkan oksigen.

Rumus Reaksi Kimia Proses Fotosintesis

6CO2 + 6H2O => C6H12O6 + 6O2
(air) + (karbon dioksida) => (glukosa) + (oksigen)
Fotosintesis terjadi pada organ daun karena memang klorofil letaknya disitu, tepatnya pada jaringan palisade, secara umum proses terjadinya fotosintesis terjadi 2 tahapan yang bisa di jabarkan seperti di bawah ini.
Proses Terjadinya Fotosintesis Pada Tumbuhan Hijau

Reaksi Terang Fotosintesis (Berlangsung Dengan Cahaya)

Di tahap ini, klorofil menyerap energi dari cahaya matahari untuk memecah molekul air (fotolisis) menjadi ion oksigen dan ion hidrogen.

molekul air => ion hidrogen + ion oksigen

Reaksi gelap Fotosintesis

Pada tahap reaksi kali ini, terjadi pengikatan karbon dioksida pada daun. Karbon dioksida bergabung dengan ion hidrogen yang dihasilkan dalam reaksi terang menjadi gula.

Faktor-faktor yang Memengaruhi Fotosintesis

  1. Cahaya
  2. Konsentrasi Karbon Dioksida.
  3. Suhu
  4. Kadar Hasil Fotosintesis
  5. Kadar Air
  6. Tahap Pertumbuhan Tanaman
  7. Oksigen
  8. Kandungan Klorofil