3 Macam Kegiatan Ekonomi (Produksi, Distribusi, dan Konsumsi)

3 Macam Kegiatan Ekonomi (Produksi, Distribusi, dan Konsumsi)

3 Macam Kegiatan Ekonomi (Produksi, Distribusi, dan Konsumsi) dan Contohnya
Setiap harinya manusia tidak terlepas dari 3 macam kegiatan ekonomi yaitu Produksi, Distribusi, dan Konsumsi karena itu merupakan pokok dari kegiatan ekonomi, dan manusia melakukan kegiatan ekonominya pasti mempunyai tujuan, yaitu untuk memenuhi kebutuhan manusia sehari-hari, disini akan di bahas materi mengenai 3 Macam Kegiatan Ekonomi yang meliputi pengertian Produksi, Distribusi, dan Konsumsi.
  1. ProduksiProduksi berasal dari bahasa inggris yang berarti to produce, yang artinya membuat atau menghasilkan, sedangkan dalam bidang ekonomi produksi merupakan kegiatan manusia untuk membuat atau menghasilkan barang/jasa.

    Dan produksi juga bisa di artikan kegiatan manusia untuk menambah nilai guna suatu barang, jadi kegiatan produksi ini bukan hanya sebatas membuat barang atau jasa yang baru tetapi juga menambah nilai guna barang yang telah ada pada suatu barang agar mampu memenuhi kebutuhan manusia secara maksimal.
    Contoh : PT. Kedelai menghasilkan tahu dan tempe
  2. Distribusi
    Sedangkan kegiatan distribusi dapat diartikan sebagai kegiatan penyalurkan/menyampaikan barang atau jasa kepada Konsumen, dan keunikan dari kegiatan distribusi ini adalah kegiatan ini dapat memberi manfaat untuk semua kegiatan ekonomi entah itu pada produsen, konsumen atau pada distribusinya sendiri.
    Contoh : Petani Menjual Hasil Taninya Ke Pasar
  3. Konsumsi
    Pastinya kegiatan ini juga sering kita lakukan, kegiatan ini bisa saja contohnya seperti kita para pelajar pasti membutuhkan buku, pulpen, pensil dan alat pelajaran lainya untuk kita gunakan.

    Terpaku pada pernyataan diatas dapat disimpulkan bahwa kegiatan konsumsi adalah kegiatan dimana manusia menggunakan/mengurangi nilai guna barang atau jasa yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan menusia sehari-hari baik secara langsung ataupun tidak langsung.

    Untuk Konsumsi secara langsung adalah menggunakan barang sekaligus dan tidak dapat dipakai lagi, contohnya saat anda makan, saat anda sudah makan pasti makananya tidak akan kembali lagi karena sudah terlanjur dimakan.

    Untuk Konsumsi secara tidak langsung adalah mengurangi barang secara berangsur-angsur dan nilai barangnya tidak sekaligus habis, contohnya pakaian dapat kita gunakan dalam jangka waktu yang lama dan bisa digunakanya kembali.
    Contoh : Saya Membeli Buku

Sejarah Dan Pengertian Ilmu Ekonomi Menururt Para Ahli